Hari Lingkungan Hidup, Tanam Cemara Laut di Pulau Merah

Aksi penanaman pohon cemara laut di Pulau Merah serangkaian Hari Lingkungan Hidup, Selasa (5/6). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Menambang, bukan berarti tak peduli lingkungan. Setidaknya, hal itu dilakukan imvestor tambang emas di Gunung Tumpangpitu, PT Bumi Suksesindo (BSI). Serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2018, PT BSI menggelar aksi tanam pohon di Pantai Pulau Merah, Selasa (5/6) sore. Pohon jenis cemara laut yang dipilih. Selain indah, tanaman ini mampu menahan abrasi laut.

Aksi tanam pohon menggandeng sejumlah komponen masyarakat. Mulai pelajar, kelompok masyarakat, Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi. Selain tanam pohon, HLH diisi dengan cerdas cermat tingkat SD dan SMP, pemilihan putra dan putri lingkungan (paputling) dan rijig-rijig (bersih-bersih) pantai.  “Kita  memulai  rangkaian  kegiatan  ini  sejak  pertengahan  Mei,” jelas Hendrik Setiawan, panitia penyelenggara.

Ditambahkan, penanaman pohon cemara laut dilakukan di lokasi yang sebelumnya pernah ditanami. Sehingga, menjadi kegiatan lanjutan. Pihaknya berharap, kegiatan ini akan berkelanjutan. Dan, menjadi komitmen BSI dalam menjaga lingkungan sesuai peraturan yang berlaku. “ Jadi, kami  ingin mempraktikkan prinsip pertambangan yang baik, sesuai aturan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Banyuwangi Husnul Chotimah berharap PT BSI tetap berpegang pada prinsip pelestarian lingkungan. Lalu, menggandeng banyak pihak untuk menerapkan program berkelanjutan dalam menjaga pelestarian lingkungan. “ Penghijauan ini kamu apresiasi. Tapi, harus berkelanjutan dengan menggandeng banyak pihak,” tegasnya. (udi/bns)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here