Sambangi LP, Perwira Bagikan 1400 Paket Takjil

54
Jajaran Perwira Banyuwangi usai bagi takjil di LP Banyuwangi, Minggu (3/6). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Over kapasitas penghuni di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Banyuwangi menarik perhatian beragam kalangan. Salah satunya, Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Banyuwangi. Organisasi pemberdayaan ini membagikan sedikitnya 1400 paket takjil ke LP Banyuwangi, Minggu (3/6) sore. Yang menarik, seluruh paket takjil itu hasil karya kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bawah bendera Perwira.

Pembagian takjil berlangsung sederhana, namun penuh keakraban. Dari LP, warga binaan menyuguhkan pentas musik, bernuansa Islami. “ Kami cukup prihatin dengan kondisi LP yang overload penghuni. Dengan kemampuan kami yang terbatas, kami kalangan UMKM Banyuwangi berbagi takjil sekitar 1400 paket. Ini bentuk saling berbagi di bulan Ramadhan,” kata Ketua DPC Perwira Banyuwangi Siti Istiqomah.

Wanita yang akrab dipanggil Isti ini menambahkan pihaknya sengaja memilih LP sebagai tempat bagi takjil. Salah satu alasannya, memberikan dukungan moril bagi warga binaan di LP. Menurutnya, dukungan moril ke warga binaan LP tak hanya diwujudkan dalam bentuk pembagian takjil. Ke depan, lanjutnya, Perwira akan membantu pemberdayaan warga binaan LP. Khususnya, warga binaan wanita. “ Kami akan membentuk ranting Perwira di LP. Jadi, kegiatannya aka nada pemberdayaan di LP. Seperti pelatihan kecantikan atau pemberdayaan lainnya,” jelas Isti.

Pihaknya berharap sinergi pelatihan antara Perwira dengan LP ini bisa membentuk warga binaan yang memiliki keterampilan dan keahlian. Selain LP, pembagian takjil juga menyasar kawasan Pelabuhan Ketapang, Senin (4/6) sore.

Kasi Pembinaan LP Banyuwangi Sunaryo menyambut baik kegiatan Perwira tersebut. Menurutnya, dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk pelatihan atau pemberdayaan warga binaan di dalam LP. “ Kami selalu terbuka jika ada komponen masyarakat yang ingin bekerjasama dengan LP,” ujarnya.

Saat ini, kata Sunaryo, jumlah penghuni LP Banyuwangi mencapai 1000 orang labih. Padahal, kapasitasnya hanya sekitar 300 orang. Sehingga, terjadi over kapasitas. (udi)

Pelanggan Tabloid Bisnis Banyuwangi – Harga Langganan Rp. 5.000,-/bulan