Lulur Kopi “Prima Rasa”, Sehatkan Jantung dan Awet Muda

25
Siti Rohimah menunjukkan aneka produk kopi herbal buatannya. (foto/bb/ida)

Kalibaru (BisnisBanyuwangi.com) – TAK banyak yang tahu, kopi ternyata mengandung banyak khasiat. Termasuk, menjaga kesehatan. Salah satunya, dengan menggunakan lulur kopi. Seperti ditawarkan Siti Rohimah, pemilik kopi “ Prima Rasa”. Salah satu produknya lulur kopi. Ampuh untuk menjaga kesehatan dan relaksasi.

Lulur kopi ini cukup ampuh dengan beragam manfaat. Seperti, merelaksasikan otot -otot kaku,memperlancar buang air besar, menyehatkan jantung, memaksimalkan sistem kerja syaraf otak  hingga membuat awet muda. “ Lulur kopi ini  dari korpi murni dicampur rempah-rempah. Jadi, benar-benar alami,” kata Siti Rohimah kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu. Kopi unik ini diproduksi di rumahnya di Dusun Krajan, RT.1/9 Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru.

Proses penggunaan lulur kopi ini kata Siti Rohimah cukup mudah. Bubuk lulur cukup  dicampur dengan air hangat. Lalu, balur ke seluruh tubuh . Diamkan  selama dua jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih. “ Rasakan manfaatnya, badan akan terasa segar dan rilek,” jelasnya.

Harga lulur kopi ini cukup terjangkau. Hanya, Rp 30.000 per pak. Lulur kopi ini sudah tersedia di sejumlah toko oleh-oleh di Banyuwangi. Pihaknya juga melayani penjualan online. Produk lulur kopi ini banyak dipesan ke luar daerah. Dari usaha ini, pihaknya bisa meraih omzet hingga Rp 12 juta per bulan.

Karena berada di kawasan perkebunan kopi, Siti Rohimah bekerjasama dengan petani setempat untuk mendapat pasokan kopi. Sehingga, bisa memilih yang benar-benar berkualitas. Pihaknya juga ikut memberdayakan warga dengan terlibat dalam proses sangrai kopi. Bagi Siti Rohimah, berkecimpung di dunia kopi bukan  hal baru. Dia sudah menekuni kopi sejak tahun 1996, berawal dari kecintaannya terhadap kopi. Awalnya, dia membuka usaha jual beli biji kopi mentah. Tak heran jika dia cukup lihai memilih biji kopi berkualitas.

Keterampilannya memilih kopi ini dimanfaatkan untuk mengolah kopi. Dibuat beragam produk, tak hanya untuk minuman. “ Saya ingin mengenalkan bahwa kopi tak hanya bagi kaum laki-laki. Wanita, bahkan anak-anak juga bisa mengkonsumi kopi. Jadi, jangan takut ngopi,” ujarnya. Saat membuka usaha, Siti Rohimah hanya merogoh kocek  Rp 2 juta, tahun 2012 lalu.

Berkat kepiawaiannya tentang kopi, Siti Rohimah sering menjadi intruktur dalam pengolahan kopi.  Kopi hasil olahannya ditawarkan dengan beragam pilihan. Bahannya, kopi jenis robusta dan exelsa (klorofil).  Dari dua jenis ini terbagi dalam kopi premium dan ekslusif. Jenis premium terdiri dari 9 rasa. Masing-masing nippy coffee, buttery coffee, mellow coffee, chocolate coffee, nangka coffeecoffee bakar, kopi pejantan, kopi bangsawan dan kopi kemuning. Sedangkan jenis eksklusif terdiri dari kopi luwak dan kopi klorofil. Harga kopi premium ditawarkan Rp 45.000 per 150 gram. Sedangkan kopi luwak dibandrol Rp 100.000 per 5 sachet, gula terpisah.

Setiap hari, Siti Rohimah bisa menghabiskan minimal 3 kilogram biji kopi. Seluruhnya diproses secara manual. Sehingga, menghasilkan kopi berkualitas. Menurutnya,  kopi juga kaya manfaat lain. Seperti, menjaga stamina, diet alami, melancarkan menstruasi, mencegah tumor dan kangker serta mencerahkan dan menghaluskan kulit.  “ Kendala masih pemasaran. Sebab, belum banyak yang tahu dengan manfaat  dari kopi,” pungkasnya. (ida)