Tingkatkan Produk UMKM, Perwira Gandeng PPK Sampoerna

65
Peserta pelatihan UMKM yang digelar Perwira di PPK Sampoerna, Pasuruan, Senin (7/5). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – Semangat Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) membesarkan kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus bergulir. Untuk meningkatkan kualitas produk UMKM, Perwira menggandeng Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna di Pasuruan menggelar pelatihan beragam peluang usaha, Senin (7/5). Pelatihan difokuskan pembuatan kemasan produk yang berkualitas, bisa tembus pasar ekspor.

Kegiatan ini dimotori DPD Perwira Jatim. Setiap DPC mengirimkan perwakilan UMKM, termasuk DPC Perwira Banyuwangi. ” Kita mengirimkan beberapa perwakilan UMKM. Harapannya, ada gambaran peluang usaha, khususnya proses pengemasan produk ya g berkualitas,” kata Ketua DPC Perwira Banyuwangi Siti Istiqomah.

Wanita yang akrab dipanggil Isti ini mengatakan pelatihan menjadi menu wajib bagi kalangan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan kemasannya. ” Kita beruntung, Perwira bisa bekerjasama dengan PPK Sampoerna  untuk memberikan pelatihan UMKM. Ini akan menjadi pengalaman berharga,” katanya kepada Bisnis Banyuwangi.

Pelatihan kata Isti mendatangkan ahli tehnologi pengolahan pertanian dari Universitas Brawijaya, Malang. Sehingga, pengetahuan yang diberikan berstandar internasional. Selama pelatihan, para peserta diajak praktik langsung.

Pihaknya berharap pelatihan ini bisa menjadi motivator pelaku UMKM di Banyuwangi. Sebab, di PPK Sampoerna di Pasuruan, banyak ilmu tentang peluang usaha yang bisa dikembangkan. Mulai pertanian, peternakan, perikanan hingga pengolahan hasil pertanian. Bahkan, ada pelatihan lain yang bisa dipesan secara khusus. ” Kami akan komunikasi terus dengan DPD Perwira Jatim, sehingga banyak pelatihan bisa diberikan ke UMKM Banyuwangi,” lanjut Isti. Selain pengetahuan praktis, pelaku UMKM bisa saling bertukar informasi pasar. (udi)