Masa Kampanye, Mall Pelayanan Publik Jadi Inspirasi

4
Bima Arya bersama Bupati Anas. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – MESKI terbilang baru, Mall Pelayanan Publik banyak menginspirasi berbagai kalangan. Bahkan, di masa kampanya, mall terintegrasi ini menjadi bahan inspirasi parra calon kepala daerah yang bertarung dalam pilkada. Salah satunya, calon Walikota Bogor, Bima Arya. Calon Walikota petahana ini sengaja datang ke Banyuwangi untuk berburu inspirasi. Mall Pelayanan Publik salah satu yang dilirik.

“Ya, ini saya sengaja ambil waktu untuk cari inspirasi di Banyuwangi. Ini sebenarnya juga bagian dari kampanye, kami menyampaikan pesan ke warga Kota Bogor, bahwa saya ke depan fokus pada aspek peningkatan kualitas layanan publik dan pengentasan kemiskinan. Dua hal itu yang saya fokuskan dalam kunjungan ke Banyuwangi ini,” ujar Bima yang disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, pekan lalu.

Di Banyuwangi, Bima pertama langsung menuju Mall Pelayanan Publik. Bima mengaku tak malu untuk belajar. Menurutnya, di Bogor ada pelayanan satu pintu. Namun, lanjutnya, secara fisik masih jalan sendiri-sendiri. “ Tidak seperti Banyuwangi yang sudah melibatkan instansi lain. Di sini dinas-dinas, kepolisian, PLN, BPJS, BPN, semua gabung. Dan tidak perlu MoU segala, semua menyatu. Saya akan wujudkan seperti ini di Bogor,” kata Bima.

Menurutnya, konsep mall yang terintegrasi sangat cocok untuk keramaian Kota Bogor.  Karena, ada ratusan layanan yang difasilitasi di Mall Pelayanan Publik. “Jadi warga Bogor cukup datang ke satu lokasi. Nanti bisa kita carikan lokasi yang pas dan tempat parkir yang luas,” jelasnya. Tak hanya mall, Bima juga mengunjungi Lounge Pelayanan Publik, pusat informasi berbagai program pembangunan Banyuwangi. Bima menjelalajahi sistem perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah, serta berbagai program kemiskinan.

Bima menambahkan, sebagai bekalnya memimpin suatu daerah dirinya selalu terbuka untuk belajar hal-hal baru dari daerah lain yang dinilai lebih bagus. Termasuk program-program inovasi Banyuwangi. Seperti “Rantang Kasih” yang mendistribusikan makanan bergizi tiap hari ke ribuan warga lanjut usia. “Dua tahun lalu saya pernah ke sini, tapi di sini terus ada inovasi yang berkembang. Mas Anas ini hebatnya, beliau mikir dari makronya hingga detailnya,” pungkasnya. (udi)