Unik, Kerajinan dari Pohon Kopi

19
Kerajinan berbahan limbah pohon kopi. (foto/bb/tin)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – KREATIF, warga Dusun Plosorejo, Desa Kaliploso ini mengolah limbah pohon kopi menjadi kerajinan yang bernilai jual. Pengrajin itu, Surya. Remaja ini mengaku tertarik membuat kerajinan berbahan pohon kopi sejak setahun silam. “Awalnya saya coba-coba dengan modal Rp 5 juta,” ungkapnya kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Dari limbah pohon kopi ini, Surya membuat kerajinan hiasan pohon yang unik. Pilihan pohon kopi ini kata Surya selain teksturnya keras, juga memiliki bentuknya yang unik.

Surya mengaku mendatangkan limbah pohon kopi dari Lumajang. Dengan harga RP 50.000 hingga Rp 70.000 per batang.

Bahan kayu kopi tersebut lantas diolah menjadi kerajinan unik. “Untuk proses pengolahan pohon kopi ini cukup susah, terutama pada bagian menghilangkan kulitnya,” ucapnya. Satu pohon kadang dirinya bisa mengerjakan sampai satu minggu. Setelah dibersihkan dan dipernis, batang pohon kemudian dibuat lubang. Lalu, ditancapkan daun imitasi. Sehingga mirip dengan pohon sungguhan.

Selain kopi, Surya juga memanfaatkan pohon jati dan bambu. Yang dia pakai hanya pohon yang memiliki bentuk unik.  Dari pohon kopi ini dia buat berbagai pohon hiasan. Seperti pohon beringin, apel dan anggur. Harga jual dari kerajinan pohon ini lumayan. Dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah per pohon. Saat ini dalam sebulan Surya masih sebatas membuat 3 hingga 4 pohon. Mengingat masih terkendala terkait pemasaran. “Pelanggan masih warga sekitar,” pungkasnya. (tin)