Ayam Kesrut, Sehat, Masaknya Mudah

6
Ayam kesrut. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – BERAGAM kuliner tradisional menjai ikon Banyuwangi. Salah satunya, ayam kesrut. Di komunitas warga Using, kuliner ini dikenal dengan uyah asem. Berbahan dasar ayam. Biasanya memakai ayam kampung atau ayam boiler. Tapi yang paling pas adalah ayam kampung muda. Dimasak dengan sedikit bumbu rempah.

Menurut Mbok Higmanah, salah satu penjual ayam kesrut di Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, pengolahan ayam kesrut relatif mudah. Caranya, ayam kampung direbus hingga empuk. Bumbunya, terdiri dari cabai rawit, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, dan sedikit terasi. Sedikit lengkuas, gula, garam dan buah blimbing wuluh.

Lalu, kata dia, daging ayam kampung direbus hingga matang. Bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, dimasukkan ke dalam rebusan ayam tersebut, ditambah gula, garam.

“Jika sudah angkat ayam kesrut dan hidangkan ayam kesrut selagi hangat. Sandingkan dengan tempe hangat-hangat, rasanya pasti nikmat. Ada pula yang menyantapnya dengan rambak kulit sapi,” kata mbok Hig, sapaan penjual ayam kesrut ini disela Festival Bakul, pekan lalu.

Ayam kesrut banyak ditemukan di warung-warung di kawasan kota Banyuwangi dan pedesaan di lereng Gunung Ijen. Tidak hanya itu, hotel berbintang di Banyuwangi juga banyak yang menawarkan menu Ayam Kesrut ini.

Chef  papan atas, Farah Quinn mengaku ayam kesrut tergolong makanan sehat. Sebab, tidak melalui proses menggoreng. Selain itu, ayam kesrut ini sangat mudah dibuat. “ Rasa asamnya segar,” cetus Farah.

Wanita asal ibu kota ini menyarankan agar rakyat Indonesia bangga kepada potensi Nusantara, khususnya kuliner. Dia mencontohkan Peru yang kini berhasil mencatatkan prestasinya dalam bidang kuliner. Separuh dari 50 restoran terbaik berada di negara ini.

“Lima tahun lalu makanan Peru tidak dikenal, namun kini kuliner Peru mulai diminati dunia. Ini berkat kegigihan salah satu chef Peru untuk menumbuhkan kebanggaan kuliner Peru ke masyarakat di sana. Saya kira Banyuwangi sudah memulainya, salah satunya lewat event Festival Banyuwangi Kuliner ini,” pungkasnya. (udi)