Lebih Cantik, Pot Bunga Berbahan Limbah Besi

36
Aneka pot berbahan limbah besi. (foto/bb/ida)

Genteng (BisnisBanyuwangi.com) – LIMBAH besi yang berserakan membuat Mohammad Effendi tergerak. Tangan kreatifnya mampu menyulap besi tak terpakai menjadi aneka pot bunga yang cantik. Berawal dari iseng, pria asal Desa Kembiritan, Genteng ini mampu membuka peluang usaha. Hasil kerajinannya banyak disukai. Apalagi, harganya lumayan bagus.

“ Awalnya hanya iseng, memanfaatkan limbah besi. Ternyata, pesanan banyak datang,” kata pria 34 tahun ini kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu. Dari banyak pesanan ini, dia memutuskan membuka usaha kerajinan ini. Sebelum membuka di Desa Kembiritan, pihaknya sempat menekuni usaha serupa di Bali sejak tahun 2008. Lalu, dua tahun terakhir, memilih pulang kampung. Membuka usaha serupa di rumah.

Effendi  merupakan ahli  penata  interior, termasuk taman. Banyak yang sudah menggunakan jasanya. Sehingga, ketika membuat aneka pot berbahan besi, dia tak mengalami kesulitan. Termasuk model yang dibuat. Harga pot buatannya ditawarkan beragam. Mulai Rp 100.000 hingga Rp 700.000, tergantung bentuk dan tingkat kerumitan pembuatan.

Selain pot, pihaknya juga melayani berbagai jasa pesanan kerajinan berbahan besi. Mulai kursi hingga mainan ayunan anak. Khusus hiasan pot bunga, kata dia,  kebanyakan dibeli para perias. Sebab, dipakai dekorasi panggung. “ Ada juga yang dibeli untuk hotel, kantor dan sekolah,” jelasnya.

Menurut Effendi, desain minimalis pot bunga ini banyak diminati. Pihaknya sengaja membuat hiasan pot ini dengan warna putih. Sebab, terlihat lebih elegan, indah. Pot besi ini bisa diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. “ Bisa ditempatkan bunga asli atau bunga plastik,” ujarnya.

Bentuknya yang unik dan klasik, membuat pot besi ini bisa memperindah ruangan. Ukurannya juga beragam. Mulai yang mini hingga besar. Bentuknya, lingkaran bola, bentuk limas dan memanjang. Sehari, pihaknya bisa menyelesaikan 2-3 pot. Bagi pemesan, membutuhkan waktu 3-4 hari. “ Kami layani jasa antar. Sehingga, memudahkan pembeli,” kata Effendi.

Saat ini effendi memiliki 4 karyawan. Mereka bertugas merakit besi sebagai bahan pot. Biasanya, kata dia, ramai pesanan ketika menjelang hari raya, tahun ajaran baru. Selain menyiapkan aneka contoh  bentuk post, pihaknya juga melayani pembuatan pot sesuai pesanan. “ Pelanggan bisa membawa gambar sendiri, nanti kita buatkan di sini,” ujarnya.

Pihaknya berharap, banyak pemuda yang mau kreatif. Sehingga, bisa mengurangi pengangguran. Effendi mengaku belum menemukan kendala berarti dari usaha kerajinan ini. “ Kuncinya telaten dan kreatif,” pungkasnya. (ida)