Unik, Keset Perca Berkarakter

102
Keset berbahan kain perca berkarakter. (foto/bb/ida)

Genteng (BisnisBanyuwangi.com) – MANDIRI dan kreatif, usaha yang ditekuni Tutik Irawati. Wanita asal Dusun Temurejo, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng ini membuat keset yang unik. Bahannya kain perca, atau sisa kain.

Berawal dari keinginan menciptakan usaha, Tutik mencoba membuat kerajinan keset. Kebetulan, di sekitar rumahnya banyak penjahit. Sisa kain bekas jahitan melimpah. Bermodal Rp 200.000, Tutik terbilang sukses menekuni usaha ini. Dibantu empat orang karyawan, Tutik bisa memproduksi aneka keset berkarakter. Bahan yang dipakai kain perca kaos. Alasannya, lebih kuat dan tahan lama. “ Saya bekerjasama dengan penjahit untuk memasok kain perca,” kata Tutik kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Selain kuat, kain perca kaos memiliki daya serap bagus. Sehingga, cukup baik dipaka untuk keset. Menurutnya, dalam membuat keset diperlukan ketelatenan , kesabaran , ketelitian. Sehingga, mendapatkan keset dengan motif bagus serta rapi.  Saat ini keset berkarakter paling laris terjual. Pesanan juga ramai. Beragam keset karakter bisa dibuat. Mulai gambar kucing, spongebob dan lainnya. Harga ditawarkan mulai Rp 30.000 hingga Rp 35.000. Khusus keset biasa hanya Rp 20.000 per biji. Ukuran standar. Pihaknya juga melayani pesanan keset beragam ukuran.

Usaha kerajinan keset kain perca ini baru dilakoni sekitar 5 bulan. Pemasaran masih mengandalkan pesanan dari toko-toko di seputaran Banyuwangi. Ada juga yang melalui jaringan pertemanan. Omzet dari usaha ini rata-rata baru Rp 1 juta per bulan. Dalam sehari, satu penjahit bisa menghasilkan 10 biji keset. Usaha ini, kata dia, hanya terkendala bahan baku. Sebab, kain perca mulai sulit didapat. “ Kendala lain pemasaran,” keluhnya. Kerajinan ini kata dia bisa ikut membuka lapangan kerja, khususnya bagi kaum ibu. (ida)