2019, Terbang ke Singapura dari Blimbingsari

45
Pesawat parkir di Bandara Banyuwangi, Jatim. (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – KEMAJUAN Bandara Banyuwangi, kian melejit. Ditargetkan, tahun 2019, bandara kebanggaan Banyuwangi ini naik ke level internasional. Singapura dan Australia menjadi negara yang berpotensi membuka penerbangan langsung dari Banyuwangi. Keduanya dinilai bisa mendatangkan wisatawan maupun penumpang ke Banyuwangi.

Menteri Pariwisata Arief  Yahya memastikan Bandara Banyuwangi memiliki potensi strategis. Sebab berdekatan dengan Bali. Menurutnya, tahun 2018, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Banyuwangi menginvestasikan dana sebesar Rp 400 miliar. Anggaran itu diperuntukkan memperpanjang landasan pacu hingga 2650 meter, termasuk penguatan run way. Lalu, pelebaran apron atau tempat parkir pesawat hingga 18.000 meter persegi. Targetnya, pengembangan bandara ini menyambut momen pertemuan World Bank IMF di Bali, Oktober 2018. “ Jadi, target awal kita, menjadikan Bandara Banyuwangi sebagai parkir penyangga pesawat saat even dunia itu digelar di Bali. Pesawat berbadan kecil kita arahkan parkir ke Banyuwangi,” jelas Arief Yahya. Sehingga, parkir pesawat Bandara Ngurah Rai tidak penuh ketika kegiatan IMF di Bali.

Kemudian, lanjut Arief, pengembangan Bandara Banyuwangi berlanjut dengan menambah panjang landasan pacu hingga 2800 meter, lebarnya ditambah hingga 45 meter. Dengan  penambahan ini, pihaknya akan menawarkan  penerbangan internasional. “ Kita arahkan penerbangan ke negara tetangga potensial, Australia dan Singapura,” jelasnya. Menurut Arief, jika Singapura bisa terkoneksi dengan Banyuwangi, penerbangan lainnya akan lebih mudah. Sehingga, level bandara internasional dengan cepat berkembang.

Ditambahkan, bandara memiliki peran penting dalam pengembangan pariwisata. Semakin banyak penerbangan, kata dia, kunjungan wisatawan akan semakin besar. Apalagi, Banyuwangi masuk dalam salah satu 10 Bali baru yang digagas Kementerian Pariwisata. “Lokasi Banyuwangi yang berdekatan dengan Bali berpotensi menjadikan Bandara Banyuwangi naik ke level internasional,” pungkasnya.  (udi)