Citilink Ramaikan Rute Banyuwangi-Jakarta

29
Bandara Banyuwangi. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – PENERBANGAN rute Banyuwangi-Jakarta dari Bandara Banyuwangi bertambah ramai. Terbaru, maskapai Citilink akan landing di Banyuwangi. Penerbangan perdana digelar, Kamis (15/2). Maskapai nasional ini tertarik membuka rute ke bumi Blambangan lantaran perkembangan pariwisata kabupaten ini yang pesat. Termasuk, ikut memperkenalkannya ke dunia internasional. “Itu sebabnya kami membuka rute baru ini untuk mendorong percepatan pariwisata, sekaligus meningkatkan konektivitas Banyuwangi dengan daerah lain di Indonesia,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo lewat keteranga resmi, pekan lalu.

Dijelaskan, rute baru ini juga menjadi penghubung bagi daerah-daerah di sekitar Banyuwangi. Seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Bali Barat. Mereka ikut menjadi kontributor perekonomian dan roda pariwisata Banyuwangi. “Hal lainnya adalah pertumbuhan ekonomi Banyuwangi yang tergolong cukup tinggi dan berkembang dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2016 tercatat sebesar 6,01 persen, angka tersebut lebih tinggi dari provinsi Jawa Timur dan nasional. Pihaknya berharap pembukaan rute baru ini dapat mendukung upaya pemerintah setempat  melakukan perbaikan infrastruktur, konsolidasi kekayaan budaya lokal serta konsolidasi masyarakat pariwisata.

Banyuwangi, jelasnya, menawarkan keindahan pariwisata alam yang dikenal sebagai kawasan segitiga berlian. Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade. Selain budaya dan kuliner yang khas. Lalu, lebih dari 70 atraksi wisata setiap tahun melalui ajang Banyuwangi Festival. Penerbangan Banyuwangi-Jakarta menggunakan pesawat jenis Boeing B-735 berkapasitas 120 penumpang. Penerbangan dibuka sekali setiap harinya. Penjualan tiket sudah dibuka sejak Senin (5/2) lalu.

Kehadiran Citilink melengkapi pilihan penerbangan bagi wisatawan dan masyarakat. Dari Jakarta langsung ke Banyuwangi, akan dilayani tiga maskapai. Garuda Indonesia, NAM Air (Sriwijaya Air Group), dan Citilink. Sedangkan rute Surabaya-Banyuwangi digarap Garuda Indonesia dan Wings Air. (udi)