Tingkatkan Mutu, SMPN 4 Genteng Studi Ilmiah ke Malang

Siswa kelas 8 SMPN 4 Genteng foto bersama usai studi ilmiah di Malang, Senin (12/2). (foto/bb/udi)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) –  Jauh dari pusat kota, menjadikan SMP Negeri (SMPN) 4 Genteng, di Dusun Pandan, Desa Kembiritan, makin bersemangat berinovasi. Sekolah di bawah pimpinan, Ida Bagus Kompyang,SPd., ini terus menggenjot kualitas anak didik, termasuk lulusannya. Salah satunya,  menggelar studi tour ilmiah dan studi lanjutan ke Malang dan beberapa instansi di Banyuwangi. Kegiatan digelar mulai, Senin (12/2) hingga Selasa (13/2), melibatkan siswa kelas 7,8 dan 9.

Di Malang, siswa kelas 8 diajak mengunjungi Masjid Seribu Pintu di Turen. Lalu, ke kebun apel di Batu dan berakhir di Jatim Park 1. Tak sekadar jalan-jalan, selama perjalanan, para siswa diminta membuat karya tulis ilmiah, termasuk diselipi pelajaran jurnalistik. Materinya, berbagai hal terkait lokasi yang dikunjungi. Hal ini sejalan dengan mata pelajaran yang diperoleh di kelas. Mulai Bahasa Indonesia, Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan hingga IPA dan IPS. “ Jadi, ini penerapan di lapangan pelajaran di kelas. Sekaligus, membuat karya ilmiah. Sehingga, saat lulus siswa sudah memiliki kemampuan,” kata Waka Kesiswaan SMPN 4 Genteng, Joko Mulyono, MPd., didampingi pembimbing siswa, Rusdi Yunan Helmi,MPd, dan R. Moh. Soim, SPd.

Sementara siswa kelas 7 diajak studi ilmiah ke Dinas Pariwisata Banyuwangi, Pangkalan TNI AL Banyuwangi dan Mirah Fantasi, Selasa pagi. Mereka mendapat berbagai penjelasan seputar budaya, kegiatan di Markas TNI AL dan aneka tumbuhan dan satwa di Mirah Fantasi. Sedangkan kelas 9 diajak ke SMKN 1 Glagah, SMKN 1 Banyuwangi dan SMKN Pelayaran, Kalipuro. Siswa yang  akan lulus ini sengaja diajak studi lanjutan untuk mengetahui berbagai  pendidikan setingkat SMK berkualitas di kota Banyuwangi. Seluruh perjalanan studi ilmiah ini digelar bekerjasama dengan Sanjaya Tour, Banyuwangi. Simak liputan lengkapnya di Tabloid Bisnis Banyuwangi edisi Minggu 18 Februai besok. (udi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here