Sablon Satuan, Tak Boros, Lebih Digemari

Sablon satuan yang lebih irit. (foto/bb/wid)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – USAHA sablon kaos sudah jamak ditemukan di berbagai daerah. Namun, usaha sablon kaos satuan terbilang baru. Selama ini, pelaku usaha sablon kaos hanya melayani order dalam jumlah banyak. Di Banyuwangi,  masih jarang usaha sablon yang melayani order satuan. Salah satu usaha sablon yang menerima satuan tersebut “Mozaik Costum Wear” milik Aminuddin di Jalan Gunung Rinjani, Kelurahan  Singotrunan, Banyuwangi.

Pria ini mengaku sebenarnya belum benar-benar mahir dalam hal percetakan digital. Namun untuk sablon cetak manual ia sudah berpengalaman. Dikatakannya, dari pengalaman tersebut ia membaranikan diri membuka usaha sablon, meraih pangsa pasar di Banyuwangi.

“Konsepnya sederhana. Jika selama ini kita tahu order kaos harus banyak, kita melayani pemesanan secara satuan,” ujar Amin kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Dijelaskannya, cara sablon yang dipakai di tempatnya memang agak berbeda. Menggunakan bahan flex dan flox (bludru), jenis bahan sablon yang khusus diperuntukkan bagi kain kaos. Kualitasnya  tak kalah dari kaos distro pada umumnya. Karena menggunakan bahan katun. Mengenai bahan baku, ia langsung mendatangkan dari Jakarta. Jenis dan warna yang beragam pula. Seperti kaos polo, raglan (kombinasi), dan jaket dari bahan flacce.

 ”Pemasaran kita baru sebatas wilayah Banyuwangi dan dibantu brosur serta media sosial,” ungkapnya. Ia mengungkapkan, saat ini segmentasi pasar yang dominan adalah anak muda. Seperti komunitas motor dan kaos couple. Sehari rata-rata ada 1-2 order masuk. Selain kaos satuan, ia juga melayani sablon lusinan dan komunitas.

“Kelebihannya yakni bisa satuan, kalau yang lain masih banyak ada yang minimal order. Untuk kualitas kami sudah baik dan tahan lama dengan bahan kaos yang berkualitas,” pungkasnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here