Tegallywood, Tawarkan Selfie di Atas Bukit

50
Para pemuda Desa Tegalsasi menyulap bukit menjadi kawasan selfie “Tegallywood”. (foto/bb/tin)

Tegalsari (BisnisBanyuwangi.com) – HAL-HAL berbau Hollywood atau Bollywood  selalu  digemari masyarakat. Hal inilah yang menarik sekelompok Pemuda di Desa Tagalsari, Kecamatan Tegalsari mengelola sebuah kawasan kebun menjadi kawasan wisata ala Hollywood. Tempat ini diberi nama Tegallywood. Kawasan wisata baru  ini dikelola Kelompok Pemuda Tegalsari. Saat ini beranggotakan  50 orang.

Menurut Kholik, Ketua kelompok, kawasan wisata ini masih tergarap 30 persen. Pembangunannya merupakan swadaya para anggota.  Objek wisata ini dibangun di atas lahan milik Perhutani dengan sistem kerja sama. Awalnya Kholik hanya menanam beberapa pohon di kawasan kebun. Lantas menyulapnya menjadi kafe.

“Karena ini lahannya luas, sekitar 1, 5 hektar, nanti pelan-pelan akan kami tata, karena kami juga masih terkendala biaya,” ucapnya kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Saat ini konsepnya masih sebatas tempat tongkrongan. Dikonsep seperti kafe dengan nuansa outdoor. Dengan fasilitas free wi-fi. Berlokasi tepat di samping Lapangan Tegalsari, sehingga ke depan, akan dikonsep sebagai penyedia jasa event organizer. Kini, dilengkapi dengan fasilitas panggung permanen.

Diakui Kholik, keberadaan kafe ini pada awalnya mengalami pro dan kontra. Hal ini tak lepas kesan kafe yang masih negatif di tengah masyarakat. Apalagi Desa Tegalsari dikenal sebagai Kota Santri. Namun, dirinya sengaja ingin mengubah kesan negatif kafe dengan hal-hal positif. “Ini merupakan wadah kreativitas bagi para anggota,” ucapnya.

Selain murah, menu yang disajikan pun menarik. Seperti Capucino flava, melon squash, pisang cokelat dan pisang keju, kentang goreng, tahu walik dan keju Jowo. Harga dari Rp 3.000 hingga Rp 6.000.

Selain menyajikan kuliner, para pengujung bisa membeli oleh-oleh atau cinderamata berupa kaos hasil kreativitas anggota. Pengunjung kafe lumayan banyak. Selain masyarakat sekitar juga dari luar Tegalsari. Seperti Kalibaru, Glenmore dan Genteng. Tak sekadar nongkrong, para pengunjung rata-rata tak melewatkan berfoto selfie di atas bukit Tegallywood. (tin)