Tya Dende Lebih Enak Goyang

24
Tya Dende. (foto/bb/dok. pribadi)

Muncar (BisnisBanyuwangi.com) – MENEKUNI karir di dunia tarik suara, bagi Tya Dende, harus totalitas. Terutama, ketika tampil di atas panggung. Untuk menghidupkan suasana lagu yang dibawakan, penyanyi yang satu ini tak pernah ketinggalan bergoyang. Baginya, bergoyang menjadi salah satu magnet saat bernyanyi. “ Sekalian juga sambil olahraga. Kalau merasa enak, ya goyang saja,”  kata pemilik nama lengkap Restia Dende Nawang Sasih ini saat berbincang dengan Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Meski paling suka goyang, penyanyi asal Desa Kedungringin, Muncar ini tetap memiliki batasan wajar. Dara cantik ini juga belum memikirkan membuat goyang khusus sebagai ciri khas. Tak hanya goyang, totalitasnya dalam penampilan juga menjadi prioritas. Untuk mendukung goyangan di panggung,  Tya, kerap tampil dengan kostum “panas”, sedikit terbuka. Bukan mencari sensasi, bagi Tya, kostum juga mendukung ketika tampil di panggung. “ Kalau kostumnya terbuka, lebih enak dipakai goyang,” seloroh dara berbintang Pisces ini. Meski begitu, Tya tetap memperhatikan suasana panggung ketika akan tampil “hot”. Jika suasana membutuhkan tampilan anggun, dia akan menggunakan gaun yang elegan. “ Intinya, kita ikut suasana yang ada,” jelasnya.

Terjun ke dunia hiburan, bagi Tya bukan sebuah kebetulan. Namun, panggilan hati. Maklum, darah seni mengalir di tubuhnya. Karir olah vokal ditekuninya sejak kelas 6 SD. Berawal dari hobi menyanyi karaokean di rumah, Tya akhirnya ditawari tetangganya berlatih menyanyi. Ternyata, suaranya tak mengecewakan. Sejak itu, Tya kerap diminta menyumbang lagu ketika ada tetangga hajatan. Tak disangka, suaranya membius penonton.

Sejak itu, Tya makin dikenal. Akhirnya, begitu lulus SMA dua tahun lalu, dara kelahiran 15 Maret 1998 ini, makin mantap berkarir di jagat hiburan. Di panggung, Tya lebih suka membawakan lagu dangdut. Lagu “Juragan Empang” menjadi salah satu andalannya. Memilih dangdut bukan tanpa alasan. Dia merasa karakter suaranya lebih pas membawakan dangdut, selain lebih gampang bergoyang. Namun, bukan berarti dia tak menyukai lagu Using. Tahun 2017, Tya sempat masuk  rekaman membawakan lagu-lagu Using.

Berkat totalitasnya, Tya kerap manggung ke luar kota. Bali dan Jember menjadi kota yang paling sering didatangi. Tya mengaku akan terus berkarir di jagat hiburan hingga nanti berkeluarga. Salah satu tips khusus agar tetap tampil fresh, Tya rajin minum vitamin. Lalu, berolahraga ringan saat libur. (udi)