Seminggu, Wisatawan Tembus 112.000 Orang

5
Pantai Grand Watudodol yang dipadati wisatawan. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – PERGERAKAN wisatawan di Banyuwangi kian masif. Jumlahnya terus meroket. Selama libur Natal dan tahun baru kemarin, selama seminggu, kunjungan wisatawan ke beberapa obyek wisata unggulan mencapai 112.000 orang. Jumlah ini meningkat 200 persen dibandingkan libur akhir pekan biasa.

Tiga destinasi wisata yang menjadi unggulan masing-masing Pantai Grand Watudodol, Bangsring Underwater dan Kawah Ijen. Kunjungan wisatawan ketiga destinasi wisata itu terinci masing-masing, Bangsring Underwater dikunjungi sekitar 25.000 orang, Pantai Grand Watudodol 16.000 pengunjung, sementara Gunung Ijen 17.000 pengunjung. “ Ini data selama liburan Natal dan tahun baru kemarin,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, pekan lalu.

Ditambahkan, selain di  destinasi unggulan tersebut, sejumlah wisatawan juga mengunjungi lokasi wisata baru. “Banyak wisatawan juga tertarik menjajal destinasi baru yang tidak kalah menarik, seperti wisata alam Green Gumuk Candi Songgon dan Kampung Primitif di Desa Purwodadi Kecamatan Gambiran yang mulai jadi idola,” imbuhnya.

Meningkatnya arus wisatawan ke Banyuwangi, lanjut Bramuda, tidak hanya didominasi penduduk lokal. Wisatawan luar daerah yang sengaja datang berlibur ke Banyuwangi juga cukup banyak. Sebab, bertepatan dengan libur panjang sekolah. Ini terlihat dari melonjaknya tingkat hunian penginapan di Banyuwangi. “Tingkat okupansi hotel mencapai 95 persen. Homestay  juga banyak diminati wisatawan. Karena memang long week end, libur Natal bersamaan dengan libur anak sekolah,” jelasnya. (udi)