Karang Taruna Sebanusa Gandeng Pelajar Gemakan Puisi

40
Kegiatan pentas seni ulang tahun Karang Taruna Sebanusa. (foto/bb/wid)

Singonjuruh (BisnisBanyuwangi.com) – KARANG Taruna identik dengan aksi kreatif. Seperti dilakukan Karang Taruna Sebanusa Desa Gambor, Kecamatan Singonjuruh. Ulang tahun pertama, mereka menggelar pentas seni dan lomba puisi dengan merangkul para pelajar. Kegiatan ini untuk mengajak para pelajar mencintai dunia seni tersebut.

“Kegiatan ultah perdana ini kami sengaja mengajak pelajar dan umum membuat dan membawakan puisi. Temanya umum,” kata Sandi Putra, Ketua Karang Taruna Sebanusa kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Sandi menambahkan, pihaknya menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten banyuwangi untuk kegiatan lomba. Selain itu ada pihak dari perguruan tinggi yang terlibat. Selain dunia pendidikan, Karang Taruna Sebanusa menggandeng pihak UMKM lokal menunjukkan potensi Desa Gambor dengan berbagai kerajinan dan olahan kuliner. Tujuannya, mengangkat potensi Desa gambor yang memiliki banyak pengrajin. Mulai dari pengrajin kulit ular, mebel dan makanan khas.

Kegiatan, lanjut Sandi dimulai 22 – 24 Desember 2017.  Beragam hadiah dan penghargaan diberikan bagi pemenang, baik dari panitia maupun Dinas pendidikan. “Banyak pihak yang mengapresiasi. Baik dari desa, kecamatan hingga dinas yang support kegiatan kami. Meski ini merupakan acara perdana,” ungkapnya.

Karang Taruna Sebanusa (Semangat Bangun Nusantara)  lahir 2 September 2016. Gerakan ini perwujudan semangat kepedulian generasi muda turut mencegah dan menanggulangi masalah kesejahteraan sosial masyarakat, terutama yang dihadapi anak dan remaja di lingkungannya.

Baginya, banyak cara mengabdikan diri kepada masyarakat.  Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan mengisi waktu luang yang positif. Seperti, rekreasi, olah raga, kesenian, kepanduan, pengajian dan santunan bagi anak – anak yatim.

Tujuan lainnya, terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran serta tanggung jawab sosial setiap anggota karang taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi, dan mengantisipasi berbagai permasalahan sosial. Lalu, terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan anggota karang taruna yang terampil, berkepribadi-an, dan berpengetahuan.

Disisi lain, pihaknya ingin menjadi wadah tumbuhnya potensi dan kemampuan generasimuda dalam mengembangkan anggota. Sehingga terbentuk rasa toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kami ingin menjalin kerjasama antara anggota karang taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial masyarakat,” tegasnya.

Terwujudnya kesejahteraan sosial generasi muda Desa Gambor, lanjut Sandi, akkan berdampak pada fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan, mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial lingkungannya.

“Kami berharap, dengan kegiatan yang baru saja kami laksanakan, bisa menginspirasi pemuda-pemuda di wilayah lain, membuat wadah yang sama. Sehingga, bisa menjaring potensi wilayah masing-masing yang berkualitas di segala bidang, baik olahraga, kesenian, ekonomi dan bidang lainnya yang berdampak positif,”pungkasnya. (wid)