Diresmikan, Sewa Rusunawa Rp 175.000 per Bulan

66
Rusunuwa di Klatak, Kalipuro yang mulai difungsikan. (foto/bb/ist)

Kalipuro (BisnisBanyuwangi.com) – LAMA mangkrak, Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Klatak, Kalipuro akhirnya resmi difungsikan, pekan lalu. Harga sewanya cukup murah. Per bulan hanya Rp 175.000. Rusunawa ini memiliki 198 unit dengan luas 27 m2/unit. Masing-masing unit terdiri satu kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Salah satu penghuni rusunawa, Budi Sulistiyani (47) mengaku sangat terbantu dengan adanya rusunawa. Wanita yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini, sebelumnya tinggal dirumah kontrakan. Harga sewanya cukup mahal.

“Setelah ada rusunawa, saya langsung daftar. Alhamdulilah, saya boleh memilih di unit manapun sesuai kemampuan saya. Bagi saya sewa Rp 175.000 perbulan amat terjangkau,” kata janda beranak dua ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Ikrori Hudanto, menambahkan, rusun ini bisa disewa oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Yakni, berpenghasilan 30 persen dari upah minimum regional Jawa Timur. Rusun ini terdiri dari lima lantai, empat unit di lantai bawah diperuntukkan bagi disabilitas.

“Saat ini sudah ada 107 pemohon yang ingin menyewa rusunawa. Namun terus kita seleksi siapa yang berhak tinggal di sana,” kata Ikhrori.

Rusunawa ini dibangun oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2014, selesai tahun 2016. Total anggaranya Rp 23 miliar. Rusunawa ini dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang disiapkan Pemkab.

“Untuk melengkapi rusunawa ini, Pemkab telah membangun sejumlah fasilitas pendukung seperti pavingisasi, air bersih dan listrik. Anggarannya sebesar Rp 2 miliar,” pungkas Ikhrori. (udi)