Cak Imim Berlibur ke Banyuwangi Berburu Kuliner hingga Naik Ijen

9
Muhaimin Iskandar berlibur ke Banyuwangi. (foto/bb/ist)

Banyuwangi (BisnisBanyuwangi.com) – PARIWISATA Banyuwangi menarik salah satu tokoh nasional. Adalah Ketua Umum Dewan DPP Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar yang memilih liburan akhir tahun ke Banyuwangi.  Pria yang akrab Cak Imin ini memboyong ibunda, istri, anak, dan seluruh keluarga besarnya menikmati kuliner hingga menaklukan puncak Ijen.

“Berkali-kali saya berkunjung ke Banyuwangi, namun semuanya untuk urusan pekerjaan. Belum pernah menikmati wisatanya. Naik Gunung Ijen belum pernah, ke pantai juga belum. Baru kali ini saya benar-benar niatkan untuk berlibur bersama keluarga dengan menikmati seluruh destinasi wisata Banyuwangi,” kata Cak Imin, Kamis pekan lalu.

Saat mendarat di Bandara Banyuwangi, Cak Imin dan keluarganya langsung berkeliling menikmati terminal hijau Bandara Banyuwangi. Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden SBY ini mengagumi konsumsi energi yang minim di Bandara Banyuwangi. Sebab, nyaris tanpa AC serta mengandalkan pencahayaan alami melalui sinar matahari. “Luar biasa terminal hijau Bandara Banyuwangi ini. Pertama di Indonesia. Konsepnya top, eksekusinya mantap. Pak Anas ini memang bupati yang jeli melihat peluang untuk membuat semuanya menarik, ada diferensiasi dibanding daerah lain,” kata Cak Imin.

Cak Imin berlibur di Banyuwangi selama dua hari. Puncak Ijen menjadi jujugan utama. Lalu, snorkling dan menyelam di Bangsring Underwater. Dikatakannya, berlibur ke Banyuwangi ini sudah diagendakan jauh hari sebelumnya. “Banyuwangi sekarang menjadi primadona baru wisata di Indonesia. Banyak orang memperbincangkannya. Makanya, saya mantap pilih berlibur di sini, sekalian angon bebek, bawa keluarga ke sini,” katanya.

Cak Imin bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga menyantap  sejumlah kuliner khas Banyuwangi. Seperti rujak soto, pecel rawon, dan minuman secang. Cak Imin juga menikmati suasana pagi Banyuwangi sambil mengudap ketan kirip khas penduduk setempat di Villa Solong, Sukowidi. Tak lupa, Cak Imin menyempatkan diri mengunjungi Mall Pelayanan Publik.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menambahkan, pihaknya terus berupaya mengembangkan destinasi wisata di Banyuwangi. Bahkan, khusus liburan akhir tahun 2017 ini, pemkab bersama berbagai elemen masyarakat bersinergi mengamankan lokasi-lokasi wisata. “Petugas kebersihan kami tambah dan tenaga kesehatan kami tempatkan di sejumlah destinasi. Ini agar wisatawan yang berlibur bisa nyaman dan ada rasa aman,” jelas Anas.

Terkait kedatangan Cak Imin, Anas bersyukur karena bisa menjadi sarana promosi bagi Banyuwangi. “Beliau adalah tokoh nasional, bisa menjadi endorser yang sangat efektif bagi promosi Banyuwangi,” paparnya. (udi)