Martabak Laris di Musim Hujan

101
Martabak keju mozzarella. (foto/bb/ida)

Genteng – MUSIM hujan membawa berkah bagi penjual makanan, khususnya martabak dan terang bulan. Seperti diakui Firman Nasrul Amin yang mengawali usaha martabak dan terang bulan sejak April 2016. Berawal saat menjadi anak kos yang hobi martabak, Firman mencoba membuat martabak dan terang bulan sendiri. Berkat ketelatenan terus belajar, dia berhasil membuat resep yang layak dijual. Dengan bermodal Rp 20 juta, Firman membuka usaha di Jalan KH.Wahid Hasyim, Genteng.

Meski cara mengolah martabak didapat secara otodidak, rasa yang dihasilkan tak kalah dengan yang lain. Pertama kalinya, Firman membuat terang bulan dengan beragam toping. Lalu, satu satunya yang menyediakan martabak mozzarella pedas. Martabak mozzarella adalah martabak telor yang di atasnya ditaburi keju mozzarella. Keju diparut, kemudian dipanasi hingga meleleh. “ Pembuatan hanya butuh waktu 10 menit, jadi  bisa dinikmati dalam kondisi hangat,” kata Firman kepada Bisnis Banyuwangi, belum lama ini.

Menurutnya, martabak mozzarella sangat digemari. Setiap hari usahanya ramai didatangi para pembeli, baik dari wilayah Genteng hingga Banyuwangi kota. Apalagi, ketika musim hujan. Permintaan bertambah. Khusus terang bulan dengan aneka rasa harganya mulai Rp 13.000 hingga Rp 20.000. Tersedia rasa premium, seperti choco mint,dark chocolate, choco white, tim tam, tiramisu dengan balutan serta tambahan keju. Harganya, Rp 32.000 hingga Rp 70.000, tergantung pilihan toping. Ada juga, terang bulan klasik dan special dengan aneka isian. Seperti selai nanas, pisang, kacang, blueberry, strowberry,cokelat kacang, pisang cokelat keju, selai pisang cokelat keju, red velvet, blue velvet, green tea, pandan, taro dijual dengan harga Rp 5.000 sampai Rp 30.000, tergantung ukuran.

Sedangkan martabak tersedia martabak special mozzarella dan samyang. Martabak mozzarella ada 5 pilihan isi. Martabak  mozzarella  jamur dengan telur ayam dibandrol Rp 30.000 per porsi, sedangkan telur bebek Rp 34.000 per porsi, mozzarella ayam Rp 33.000 sampai Rp 37.000, mozzarella sapi Rp 37.000 sampai Rp 41.000, mozzarella jamur ditambah ayam Rp 40.000 sampai Rp 44.000 dan sapi Rp 50.000. “ Harga tergantung jenis telur yang digunakan,” jelasnya. Aneka martabak dan terang bulan ini buka mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB.

Rasa yang lembut dan lezat membuat banyak pelanggan ketagihan. Dibantu sang istri, Lilik Sufiyah dan satu karyawan, Firman mengelola usaha ini. Ketika musim hujan, kata Firman, martabak mozzarella pedas paling laris. Kelebihan martabak bauatan Firman menggunakan bahan baku terbaik. Bahkan, sebagai pelopor martabak mozzarella serta terang bulan dengan aneka rasa toping. Untuk menjaga kualitas, pihaknya mendatangkan bahan baku dari Malang.

Setiap harinya, dia mampu menjual 25-40 kotak martabak dan terang bulan. Omzetnya rata-rata Rp 700.000 – Rp 900.000 per hari. Pihaknya juga menawarkan secara online. Sehingga, banyak pembeli dari luar kota yang datang ke Banyuwangi. Kendala usaha ini kata Firman, naiknya tarif listrik dan bahan baku. Sehingga mempengaruhi biaya produksi. Meski begitu, pihaknya tidak ingin menaikan harga. “Kepuasan pelanggan yang utama,” pungkas Firman. (ida)