Tanaman Hias Pule Tua Kalahkan Kamboja

179
Pohon pule untuk taman mulai mengalahkan kamboja. (foto/bb/tin)

Banyuwangi – MENEMPATKAN pohon-pohon besar  untuk taman kini menjadi tren. Salah satu jenis tanaman yang banyak diburu seperti pule dan kamboja. Diakui Kuswandi, belakangan orang tengah demam pule. “Tanaman pule ini ngetren satu tahun belakangan,”ucap Kuswandi, pemilik usaha tanaman hias “Jaya Sari” di kawasan Jajag saat ditemui Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Di stan miliknya, Kuswandi menyediakan berbagai macam tanaman besar. Seperti pule, kamboja dan apak. Untuk stok pule, didatangkan dari Banyuwangi dan Jember. Harga tergantung ukuran lingkar pohon. Makin besar, kian mahal. Ukuran pohon 3 meter harganya mencapai Rp 10 juta hingga Rp 15 juta.

Menurutnya, pule adalah jenis tanaman jamu. Namun, belakangan kian diminati untuk keindahan taman. Pertumbuhannya yang cepat, berdaun lebat hijau dan jarang rontok membuat jenis tanaman ini diminati. Baik  untuk taman instansi dan maupun kawasan perkantoran. Saat ini di tempatnya harga pule paling murah ditawarkan Rp 450.000 per pohon.

Selain pule, Kuswandi menyediakan berbagai jenis tanaman kamboja. Menurutnya jika dulu tanaman kamboja identik dengan tanaman kuburan, kini, tak lagi. Justru, kini kamboja ditanam di perumahan mewah. Menurutnya, di Banyuwangi pasar kamboja untuk perumahan mulai bagus. Demam pule membuat pasar kamboja sedikit tergeser, namun belakangan pasar kembali bagus. Sejauh ini Kuswandi mendatangkan kamboja dari Jember dan Bondowoso. Terkait harga jual, tergantung karakter dan besar lingkar pohon. “Untuk kamboja dengan lingkar pohon 60 cm hingga 80 cm harganya bisa tembus Rp 1 juta,” ucapnya. Harga kamboja ini paling mahal mencapai Rp 12 juta per pohon.  Selain kamboja dan pule berbagai bonsai taman dijual. Seperti serut dan beringin. Kuwandi mengaku merintis usaha ini bermodal Rp 60 juta. (tin)