Unik, Kerajinan Tempel Tiga Dimensi

Karya tempel tiga dimensi yang unik. (foto/bb/BS)

Banyuwangi – PERKEMBANGAN teknologi membuat para pelaku seni makin kreatif. Kehadiran kerajinan tempel tiga dimensi salah satunya. Seperti ditekuni Nova, pemilik “Milli Craft” dan Diana Kartika Damayanti  pemilik “Diana Craft” di Surabaya. Keduanya mencetuskan kerajinan tempel tiga dimensi di Kota Pahlawan. Kerajinan ini mengkombinasikan bahan kain batik. Lalu dibuat aneka kalung, bros dan lainnya. Tampilannya unik, sangat elegan.

Keduanya mengaku tertarik dengan kerajinan tempel tiga dimensi untuk mengangkat budaya lokal, khususnya di Jatim yang dikenal memiliki banyak kerajinan. Meski kesulitannya tinggi, kedua wanita kreatif ini tak patah semangat. Menurutnya, memproduksi kerajinan tiga dimensi dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Seperti, bros motif bunga. Namun, berkat ketelatenan, hasilnya menggiurkan. Kerajinan ini banyak dilirik kalangan papan atas, terutama para istri pejabat. “ Ini memang terbilang kerajinan baru, prosesnya juga tak mudah,” kata Nova kepada Bisnis Surabaya, belum lama ini.

Selain mengikuti pameran, pihaknya menggunakan media sosial untuk memasarkan produk. Harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas produk yang dihadirkan. Bros dibandrol Rp 200.000. Dari usaha ini, keduanya bisa meraup omzet rata-rata Rp 5 juta per bulan. Jenis kerajinan ini juga memiliki prospek bagus. Sebab, tak semua orang bisa mengerjakannya. Dibutuhkan keahlian dan ketelatenan khusus.

Kerajinan menempel tiga dimenasi tak sekadar memiliki panjang dan lebar. Namun, memiliki volume. Terdapat berbagai macam teknik membuat karya seni rupa 3 dimensi. Seperti, teknik aplikasi. Digunakan untuk membuat karya seni menjahit. Caranya dengan menempelkan beragam hiasan kain yang sudah dibentuk. Seperti bunga, bintang, dan lainnya pada selembar kain dasar.

Sedangkan teknik mozaik digunakan menggambarkan bentuk geometris tertentu. Bentuk geometris tersebut digunakan untuk menggantikan bahan pewarna. Lalu, teknik merakit dengan cara menyambuangkan beberapa potongan bahan. Cara ini biasa disebut merakit. (nang/BS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here