Keripik Sirih, Gurih dan Kaya Khasiat

107
Ratna menunjukkan keripik sirih buatannya. (foto/bb/tin)

Gambiran – DAUN SIRIH, jenis tanaman obat yang kaya manfaat. Tak  hanya berkhasiat, daun sirih juga banyak dimanfaatkan orang untuk membuat camilan. Salah satunya keripik sirih. Usaha membuat keripik sirih ditekuni Ratna bersama ibu-ibu di Kampung Primitif, Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran. Sebelumnya, dia bersama ibu-ibu mendapat binaan dan pelatihan dari Dinas Pariwisata Banyuwangi.

Seiring dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Kampung Primitif, Ratna bersama ibu-ibu tertarik  membuat camilan unik. Yakni, keripik sirih. “ Keripik daun sirih ini cukup laris, diminati para remaja dan ibu-ibu,” ucapnya kepada Bisnis Banyuwangi, belum lama ini. Ratna mengawali usaha keripik bermodal Rp 45.000. Bahan yang diperlukan, tepung beras dan bumbu, seperti cabai dan kemiri.

Daun sirih yang dipakai jenis tanaman sirih hijau kekuningan. Daun yang dipakai jenis daun muda atau tua. “Rasa daun sirih tua akan lebih pedas dari daun muda,” ucapnya. Selain keripik sirih, Ratna juga membuat keripik bayam.

Cara membuatnya sangat mudah. Setelah dibersihkan, lembaran daun sirih dibalur tepung beras yang sudah diberikan bumbu. Lantas digoreng. Setelah berwarna keemasan, diangkat lalu ditiriskan, kemudian dikemas. Rasanya gurih, pedasnya daun sirih berpadu dengan gurih pedasnya bumbu.

Menurut Ratna, selain enak, keripik sirih ini juga bagus untuk mengatasi masalah kewanitaan.   Keripik daun sirih ini dijual dengan harga Rp 5.000 per bungkus, termasuk keripik bayam. Diakui Ratna keripik sirih ini salah satu camilan yang paling banyak diborong jika ada tamu tamu dari luar kota. Meski baru sebulan produksi, Ratna sudah menjual ratusan bungkus keripik. Omzetnya Rp 750.000 hingga Rp 1 juta per bulan. (tin)