Musim Hujan, Harga Ikan Asin Melambung

58
Musim hujan membuat harga ikan asin mulai naik. (foto/bb/ida)

Genteng – PARA pecinta ikan asin belakangan harus sedikit bersabar. Pasalnya, akibat musim hujan, harga ikan asin melambung. Kondisi ini dipicu kurangnya pasokan ikan asin dari para pengrajin. Kondisi ini diakui Aisyah (51), pedagang ikan asin di pasar Genteng Kulon, Kecamatan Genteng.

Wanita ini menekuni usaha berjualan ikan asin sejak 15 tahun silam. Pasokan ikan asin didatangkan dari sejumlah daerah. Mulai dari Madura, Lamongan dan beberapa daerah di Banyuwangi. Di awal buka, usaha ikan asin ini cukup besar. Bahkan, melayani penjualan grosir. Namun, belakangan sedikit meredup lantaran banyaknya persaingan usaha serupa. “ Sekarang penjualan naik turun. Apalagi kalau musim hujan,” kata Aisyah kepada Bisnis Banyuwangi, belum lama ini.

Meski penjualan naik turun,Aisyah tetap bertahan dengan usaha ini. Dia memiliki dua lapak, di Pasar Genteng Kulon dan di Pasar Pandan. Harga ikan asin ditawarkan mulai Rp 30.000 hingga Rp 100.000 per kilogram. Rata-rata, per hari dia bisa menjual hingga 50 kilogram ikan asin. Beberapa pekan terakhir, penjualan ikut merosot. Harga juga melambung. Ikan asin teris dari Rp 90.000 per kilogram, naik menjadi Rp 95.000 per kilogram. “ Karena pasokan turun, harga ikut naik,” jelasnya.

Dalam menjalankan usaha, Aisyah dibantu dua karyawan. Menurutnya, ikan asin menjadi konsumsi umum berbagai kalangan. Bahkan, kalangan papan atas banyak juga yang berburu ikan asin. Dari usaha ini, dia mampu meraup omzet rata-rata Rp 5 juta per bulan.

Aisyah hanya menjual ikan asin berkualitas. Hal ini yang membuat pelanggan tetap setia. Usaha ini kata dia, terkendala ketika cuaca hujan. Sebab, ikan asin akan basah. Air garamnya mencair. Sehingga, rawan busuk. Saat cuaca terlalu panas, juga kurang bagus. Sebab, ikan asin akan berwarna kurang segar. Dampaknya pada rasa. “ Jadi, kita harus menjaga suhu agar tetap standar,” ujarnya.

Ditambahkan, selain cuaca, harga dan pasokan ikan asin tergantung pasokan garam. Seperti, belum lama ini. Akibat harga garam melambung, harga ikan asin ikut meroket. Bahkan, naik 200 persen. “Kalau cuaca buruk, tidak ada nelayan melaut, harga ikan asin juga ikut berdampak,” tuturnya.  (ida)