Belum Setahun, Aspal Jalan Sudah Rusak

Salimi. (foto/bb/dok)

Banyuwangi – TUTUP tahun tinggal menunggu hitungan hari. Komisi IV DPRD yang membidangi persoalan pendidikan dan infrastruktur mulai tancap gas mengevaluasi pembangunan infrastruktur di tahun 2017. Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi Salimi menjelaskan secara umum pembangunan infrastruktur di Banyuwangi sudah berjalan baik. Namun, masih ditemukan sejumlah infratruktur yang mengecewakan. Salah satunya, kualitas proyek jalan. “ Kita temukan aspal di jalur bandara Blimbingsari yang sudah rusak. Padahal, baru setahun,” kata politisi PDIP ini, pekan lalu.

Salimi menambahkan aspal di jalur bandara sejatinya menggunakan hotmix. Biayanya juga besar. Namun, belum setahun dibangun sudah banyak yang mengelupas. Kondisi ini kata dia menjadi evaluasi di tahun 2018. “ Jadi, semua pengerjaan infrastruktur kita evaluasi bersama satker terkait. Ini penting untuk kegiatan di tahun depan,” jelas politisi asal Singojuruh ini. Selain jalan, pihaknya juga akan mengevaluasi pembangunan infrastruktur lain. Termasuk, kejadian pembangunan gedung puskesmas yang roboh di Kalibaru. Sehingga, kasus serupa tak terulang lagi.

Menurut Salimi, selama ini masa pemeliharaan proyek hanya enam bulan. Padahal, versi dia, menurut Undang-undang N0.2/2017 tentang Jasa Konstruksi  pemeliharaan bisa sampai 10 tahun. “ Yang seperti ini akan kita evaluasi bersama satker terkait. Intinya, proyek infrastruktur harus berumur panjang. Jangan cepat dan mudah rusak,” ujarnya. Pihaknya menyesalkan jika ada proyek yang umurnya masih pendek, namun sudah rusak. Apalagi, menggunakan anggaran yang tidak sedikit.

Ke depan, pihaknya mengusulkan, penentuan pemenang lelang infrastruktur harus diperketat. Sehingga, kualitas proyek yang dihasilkan bisa terjamin, tidak mudah rusak. Lalu, jenis proyek yang digunakan disesuaikan dengan kondisi lahan. “ Misalnya, kalau tanahnya labil, sebaiknya jangan pakai hotmix, tapi dicor saja,” jelasnya. Sehingga, efesiensi anggaran bisa dilakukan. Dan, kualitas proyek bisa dirasakan masyarakat dalam jangka waktu lama. (udi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here