Menjanjikan Jasa Modifikasi Motor

26
Proses modifikasi motor. (foto/bb/ida)

Genteng – MOTOR merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digemari, baik tua maupun muda. Untuk membuat motor sesuai keinginan, diperlukan jasa modifikasi. Berawal dari hobi dan coba-coba, Arief menekuni usaha di jasa modifikasi motor di Jalan KH. Imam Bakri, Desa Genteng Kulon, Genteng.

Sebelumnya, Arief bekerja di Samarinda, Kalimantan  sebagai mekanik kapal. Dari keahlian itu, dia pulang kampung dan membuka jasa modifikasi motor sejak tahun 2007. Usahanya berkembang hingga sekarang. Bermodal pinjaman dari bank, usahanya banyak dilirik. Setiap hari tak pernah sepi. ” Enaknya, usaha jasa modifikasi tak tergantung bulan atau musim. Jadi, sepanjang tahun,” kata Arief  kepada Bisnis Banyuwangi, belum lama ini.

Dijelaskan, motor yang dimodifikasi beragam. Kebanyakan motor sport berukuran besar. Untuk memodifikasi sebuah motor rata-rata dibutuhkan waktu sebulan. Namun, tergantung model modifikasi. Makin rumit, makin lama. Biayanya juga tak sedikit. Satu unit motor menghabiskan biaya Rp 10 juta hingga Rp 25 juta. Dari biaya ini, bisa dibayangkan omzet yang didapat.

Menurut Arief, konsumen melakukan modifikasi motor  agar terlihat lebih bagus dan beda. Untuk menggaet pelanggan, dia lebih banyak promosi lewat online dan media sosial (medsos). Tak heran, jika pelangannya banyak datang dari luar daerah. Mulai Sidoarjo, Lampung, Kalimantan dan Bali.  ” Kami hanya menerima modifikasi jika  motor dikirim ke Banyuwangi,”  ujarnya. Namun, kini, pihaknya tidak melayani pengiriman ke luar daerah. Sebab, rawan rusak saat pengiriman. Sehingga, kerap dikomplain konsumen.

Bahan  modifikasi menggunakan fiberglass. Didatangkan dari Surabaya. ” Tapi, sekarang sudah ada di Kalibaru seiring meningkatnya pecinta motor modifikasi,” ujarnya. Untuk proses pengerjaan modifikasi, pihaknya dibantu 3 karyawan. Kendala dari usaha  ini hanya cuaca. Sebab, menpengaruhi proses pekerjaan. Selain itu, modal. Karena, selama ini konsumen jarang membayar langsung. (ida)