Jasa Sol Sepatu Tetap Diburu

618
Sutrino sedang menjahit sepatu. (foto/BB/ida)

MEMBUKA usaha selalu identik dengan modal. Padahal, modal uang bukan yang utama. Namun niat. Seperti dilakoni Sutrisno, yang puluhan tahun menekuni usaha jasa sol sepatu. Meski kerap dipandang sebelah mata, pria 60 tahun ini tetap semangat menekuni usaha jasa ini. Bermodal keterampilan, Sutrisno mulai membuka jasa sol sepatu sejak tahun 1982.

Ketrampilanya menjahit sepatu serta sandal didapatkan dari orang tua. Sejak kecil, dia selalu membantu orang tuanya menjahit sepatu. Usaha yang berada di Dusun Kaliputih, Desa Gentengwetan ini setiap hari banyak pelanggan yang keluar masuk. “Kebanyakan ya memperbaiki sandal dan sepatu,” kata Sutrisno kepada Bisnis Banyuwangi, pekan lalu.

Ongkos jasa sol sepatu ini cukup murah, mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Selain sol, ada juga layanan ganti alas. Tarifnya, mulai Rp 60.000 hingga Rp 70.000, tergantung bahan yang digunakan. Selain itu, ada juga jasa servis dan jual beli sepatu bekas. Setiap hari, rata-rata Sutrisno kedatangan 25-30 pelanggan. “Kebanyakan servis ringan dan sol,” jelasnya.

Bahan perbaikan sepatu kata Sutrisno didatangkan dari Jember. Untuk memastikan kualitas bahan, Sutrisno biasanya berburu langsung ke kota Suwar suwir tersebut. Di usianya yang tak lagi tua, Sutrisno tetap semangat menjalankan usaha. Sehari-harinya, dia dibantu dua saudaranya sebagai karyawan. Dari usaha ini, omzetnya lumayan. Rata-rata, tembus Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per hari. “Lumayan, bisa untuk menghidupi keluarga dan kuliah anak-anak,” jelasnya semangat.

Usaha ini, kata dia, kerap terkendala cuaca. Ketika hujan, proses pengeringan tidak bisa cepat. Menurutnya, jual beli sepatu bekas juga ramai. Terutama, saat musim masuk sekolah. ” Sepatu olahraga bekas banyak diburu. Sebab, kalau baru harganya lumayan mahal,” jelasnya. Tak heran, pelanggan Sutrisno kebanyakan kalangan pelajar. Ada juga para pegawai. Mereka selalu puas lantaran kualitas jahitannya. Dia berharap usaha ini tetap tak mengenal musim. (ida)